Inilah Beberapa Tips Untuk Mencegah Masuk Angin

Pernahkah anda mengalami sakit yang namanya masuk angin ? Di dalam dunia medis katanya istilah ini tidak dikenal, namun di kalangan masyarakat Indonesia istilah masuk angina sudah dikenal sejak dulu seolah – olah memang ada penyakit yang namanya demikian. Padahal memang sebenarnya tidak ada. Sudahlah, anggap saja memang benar – benar ada dan kita juga pernah merasakannya.

Anehnya gejala masuk angin yang dialami seseorang yang satu dan yang lainnya berbeda – beda. Berikut beberapa tanda – tanda yang bisa kita rasakan dari penyakit ini.

  • Sakit kepala
  • Badan terasa meriang
  • Perut kembung
  • Mual dan muntah
  • Badan pegal – pegal

Dan masih banyak lagi gejala – gejala yang timbul akibat masuk angin. Namun ada juga yang tidak merasakan gejala apa – apa. Tapi ketika dikerik terlihat sangat merah. Kata orang itu salah satu ciri masuk angin.

Baiklah, sekarang saya ingin berbagi sedikit tips bagaimana agar masuk angin tidak sering menimpa kita. Karena bagaimanapun, yang namanya sakit tetap tidak nyaman dan membuat kita tidak bisa beraktifitas secara maksimal.

1 – Bila terlanjur masuk angin jangan dikerok

Mungkin terasa sulit bagi kita menghilangkan sugesti yang sudah mendarah daging. Masuk angin tidak akan sembuh kalau tidak dikerok, termasuk saya sendiri. Namun beberapa kali saya berusaha tidak melakukannya, badan saya jauh lebih kebal dari masuk angin. Logikanya begini, ketika dikerok pori – pori kulit kita akan membesar dan justru malah membuat sangat mudah masuk angin.

2 – Makan Teratur

Kondisi perut yang kosong akan menimbulkan gas dari asam labung yang berlebih. Apabila aktifitas anda padat dengan kondisi seperti ini, maka akan menimbulkan efek yang buruk dan sering dirasakan seperti masuk angin. Jadi usahakan atur pola makan anda secara teratur dan usahakan kondisi perut tidak kosong jika memang anda tidak berpuasa.

3 – Kenali Kekuatan Fisik Anda

Jika kondisi badan anda memang sedang tidak fit, maka gunakanlah jaket atau sejenisnya bila akan bepergian jauh. Gunakan kaus tangan dan kaus kaki apabila anda berkendara, apalagi kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat. Ini tentu akan membuat kondisi daya tahan tubuh kita berkurang.

Leave a Reply